Beberapa kegunaan Minyak Aromaterapi

beberapa kegunaan minyak aromaterapi, manfaat minyak aromaterapi, minyak aromaterapi pengusir serangga, kegunaan minyak aromaterapi, minyak aromaterapi untuk relaksasi, alat inhasi, alat inhalasi, alat inhaller, uap minyak aromaterapi, minyak aromaterapi untuk pijat, minyak aromaterapi untuk mandi
beberapa kegunaan minyak aromaterapi, manfaat minyak aromaterapi, minyak aromaterapi pengusir serangga, kegunaan minyak aromaterapi, minyak aromaterapi untuk relaksasi, alat inhasi, alat inhalasi, alat inhaller, uap minyak aromaterapi, minyak aromaterapi untuk pijat, minyak aromaterapi untuk mandi

Minyak Aromaterapi menawarkan para penggunanya dengan beberapa manfaat unik dan memperkenalkan minyak aromaterapi ke dalam kehidupan sehari-hari mereka menjadi mudah, fleksibel, dan bermanfaat seperti menjadi terapi.  Minyak aromaterapi ini telah dipergunakan sejak dahulu kala, untuk berbagai tujuan dan dengan penggunaannya yang cukup beragam.

Untuk membantu Anda mengetahui beberapa kegunaan minyak aromaterapi, di bawah ini dijelaskan beberapa cara pemakaian untuk anda yang baru saja mempergunakannya. Namun, metode ini harus dipahami sebagai pedoman saja, dan Anda harus memahami tujuan yang tepat dan memberikan perhatian khusus pada semua peringatan keselamatan yang melekat pada minyak aromaterapi yang anda pilih untuk pergunakan. Perlu pula di perhatikan dan diingat agar dalam penggunaannya lebih berhati-hati karena minyak aromaterapi sangat mudah terbakar. Oleh karena itu, jangan pernah anda membiarkan botol-botol minyak aromaterapi ini terjangkau oleh anak-anak Anda.

Beberapa  kegunaan minyak aromaterapi yang paling umum dipergunakan diantara minyak lain adalah:

  • Sebagai obat inhalasi/inhasi/inhaller – manfaat Minyak aromaterapi dapat dipergunakan sebagai relaksan untuk menghilangkan penyumbatan hidung yang disebabkan oleh flu ataupun alergi. Cara pemakaiannya adalah dengan meneteskan 3 hingga 4 tetes minyak aromaterapi pada sumbu kapas yang bersih yang terdapat didalam alat inhalasi/inheller. Kemudian letakkan alat inhasi atau alat inhalasi tersebut di dekat hidung anda kemudian hirup perlahan-lahan. Untuk anda pengguna pemula alat inhalasi pergunakan minyak aromaterapi hanya satu tetes saja. Hal ini untuk memastikan terlebih dahulu bahwa Anda tidak memiliki sensitivitas atau reaksi negatif terhadap aroma yang berasal dari minyal aromaterapi tadi karena ada beberapa orang yang memiliki alergi pada minyak aromaterapi.
  • Uap inhasi/inhalasi minyak aromaterapi – mereka yang mengalami pilek atau flu bisa dapat disembuhkan dengan mempergunakan metode ini. Awalnya rebus 2 gelas air. Setelah mendidih, tuang air tersebut ke dalam wadah mangkuk kemudian tambahkan 3 hingga 7 tetes minyak aromaterapi ke air tadi. Pergunakan lebih sedikit tetes minyak aromaterapi jika Anda memiliki sensitif atau alergi karena tidak menutup kemungkinan dapat menyebabkan iritasi pada selaput lendir Anda. Tempatkan hidung Anda tidak jauh dari mangkuk dan hirup perlahan uap minyak aromaterapi dalam-dalam. Jangan pernah menghirup uap minyak aromaterapi terus-menerus dan jika Anda melihat reaksi yang merugikan, segera hentikan penggunaannya. Penggunaan dari uap minyak aromaterapi ini dapat memberikan energi atau bersantai. Metode ini dapat anda pakai kapan saja baik siang atau malam hari.
  • minyak aromaterapi pengharum ruangan – kegunaan minyak aromatrapi lain adalah dapat dipakai sebagai penyegar atau pengharum ruangan. Caranya yakni masukkan beberapa tetes minyak aromaterapi ke dalam diffuser yang akan membantu menyebarkan aroma luar biasa dari minyak aromaterapi ini. Anda dapat memakai salah satu jenis minyak aromaterapi eksotis seperti Jasmine, Lavender ataupun minyak Rose.
  • Sebagai penyegar rumah tangga pada umumnya – beberapa kegunaan minyak aromaterapi adalah untuk penyegar ke beberapa tempat yang menurut anda perlu di harumkan seperti tempat sampah, tempat cucian, tempat kantung vakum ataupun pada laci anda. Cara penggunaannya cukup mudah yakni dengan meneteskan beberapa tetes minyak aromaterapi favorite anda ke tempat-tempat tersebut diatas dan tempat-tempat yang tadinya berbau apek menjadi wangi semerbak dari aroma minyak aromaterapi favorite anda.
  • Minyak aromaterapi pengusir serangga – Bosan dengan serangga? Mungkin anda dapat mencoba dengan mempergunakan salah satu dari jenis minyak aromaterapi. Beberapa kegunaan minyak aromaterapi seperti sereh, lavender, dan peppermint dapat anda pakai sebagai penolak alami terhadap serangga. Cara penggunaannya adalah dengan meneteskan beberapa tetes minyak aromaterapi ke tabung atau bola kapas kemudian letakkan di dekat pintu dan jendela Anda ataupun tempat serangga yang sering dilalui oleh serangga, hal ini berguna agar serangga tersebut tidak datang lagi. Berhati-hatilah saat menggunakan minyak aromaterapi ini, karena beberapa dari minyak aromaterapi mungkin tidak cocok aromanya untuk beberapa hewan yang anda pelihara. Dan juga berhati-hatilah untuk tidak mengoleskan minyak aromaterapi langsung ke permukaan yang rapuh.
  • Minyak aromaterapi untuk pijat – Minyak aromaterapi telah dikenal di seluruh dunia dapat memberikan efek pijatan yang menyegarkan. Seni memijat tidaklah lengkap apabila tidak mempergunakan minyak aromaterapi favorit Anda. Caranya, tambahkan hingga 20 tetes minyak aromaterapi ke botol utama yang anda pakai seperti minyak almond kemudian pijat-pijat bagian dari diri anda atau ke pasangan anda. Jauhkan penggunaan minyak aromaterapi dari area mata dan genital. Jangan pula oleskan minyak aromaterapi ke kulit anda sebelum anda terlebih dahulu mengencerkannya. Selalu baca semua instruksi keselamatan.
  • Minyak aromaterapi untuk mandi – Beberapa kegunaan minyak aromaterapi dapat pula anda rasakan pada saat mandi. Caranya, tambahkan beberapa tetes minyak aromaterapi ke botol minyak utama anda. Kemudian campurkan kedalam air mandi Anda dan lalu aduk-aduk hingga tercampur rata sebelum anda masuk ke dalam bak. Jangan lupa selalu pastikan untuk terlebih dahulu selalu membaca data keamanan untuk minyak aromaterapi yang Anda pilih untuk digunakan. Rasakan sensasi kesegaran eksotis dan aroma luar biasa yang memancar di sekitar Anda!
  • Penggunaan Lain – beberapa kegunaan minyak aromaterapi lainnya adalah dapat dipakai dalam lotion, toner wajah, sampo, parfum, sabun, gel mandi, dan produk alami lainnya. Penggunaan minyak aromaterapi yang dicampurkan dapat membangkitkan kemampuan semangat terapi untuk anda tentunya.

Jangan lupa tetap selalu membaca aturan peringatan pada setiap botol minyak aromaterapi yang hendak anda pergunakan ^_^

Selamat mencoba !!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*