Aromaterapi untuk Bayi

aromaterapi untuk bayi, kolik, water gripe
aromaterapi untuk bayi, kolik, water gripe

Sebagaimana umumnya pada orang dewasa, penggunaan aromaterapi juga baik digunakan oleh bayi contohnya penggunaan aromaterapi pada saat mereka mandi, mandi aromaterapi ditunggu-tunggu oleh bayi karena dapat memberikan sebuah kenyamanan pada saat mandi. Contoh lain adalah penggunaan pada minyak atsiri yang dipakai untuk anak-anak yang sedang tumbuh. Namun perlu diperhatikan bahwa penggunaan minyak ini dengan menggunakan konsentrasi asli dapat berdampak merugikan dan adapula yang mengakibatkan kulit terbakar bahkan iritasi pada kulit anda.

Umumnya penggunaan dosis yang dipakai dalam penggunaan minyak aromaterapi adalah sepertiga hingga setengah dosis yang dipakai oleh orang dewasa atau diencerkan 1% (5 atau 6 tetes minyak essensial per ons). Dan jangan lupa penggunaan jeruk dapat pula mengatasi iritasi pada kulit.

Penggunaan adas, Chamomile, Melissa dipakai untuk minyak pijat atau digunakan sebagai teh herbal. Pada jenis ini dikenal untuk memberikan rasa tenang seperti pada berbagai sakit perut dan masalah yang menjadi penyebab sakit perut seperti kecemasan ataupun kegemberian yang berlebihan. Persoalan yang umumnya terjadi seperti nyeri gas, mual, kolik dan alergi makanan.

Teh herba chamomile, adas dan Melissa dengan licorice dapat pula membantu bayi yang mengalami kolik (pada kondisi ini bayi menangis tanpa henti hingga lebih dari 3 jam tanpa diketahui penyebabnya). Selain itu, minyak atsiri dapat pula mengatasi kejang otot yang terjadi ketika bayi menelan udara pada saat mereka sedang makan. Gripe water hingga saat ini masih juga digunakan di seluruh dunia untuk mengatasi kolik. Campuran air karminatif yang mengandung adas, chamomile, jintan, ketumbar, dan kulit jeruk pahit, yang semuanya diketahui dapat membunuh bakteri dan meredakan perut kembung.

Sebagian besar masalah pencernaan dapat diatasi dengan memberikan pijatan lembut pada perut menggunakan salah satu minyak. Minyak Tummy-Rub dapat dirumuskan sebagai berikut:

  • 2 tetes Roman chamomile
  • 1 tetes adas
  • 2 tetes dill
  • 1 tetes Melissa
  • 1 ons minyak pembawa

Campurkan dan pijat perut dengan lembut.

Perawatan yang disarankan pada bayi ataupun anak-anak adalah pada saat mereka hendak tidur dengan menggunakan minyak lavender dan chamomile yang hangat. Sebagian besar mereka suka baluran aromaterapi, terutama jika mereka memiliki campuran pribadi.

Wewangian populer termasuk jeruk, jeruk bali dan jeruk keprok-semua antidepresan dan relaksan. Teh relaksan alam yang lembut namun kuat seperti Melissa, lavender dan chamomile memiliki khasiat untuk menenangkan anak yang gugup, terlalu terstimulasi, terlalu bersemangat, membuat sakit kepala hilang dan dengan lembut mendorong tidur.

Untuk lavender, dapat dipakai sebagai kompres dingin pada dahi yang akan memberikan suatu kelegaan pada saat sakit kepala, sulit tidur ataupun kelelahan.

Penggunaan kemenyan dipakai sebagai vaporizer atau sebagai minyak pijat aman dan efektif untuk kemacetan atau infeksi pernapasan. Minyak esensial aman lainnya untuk anak-anak termasuk mandarin, marjoram, neroli, melati dan petit. Teh yarrow, catnip, peppermint dan bunga yang lebih tua jarang diketahui mengurangi gejala campak, cacar air atau gondong; jahe dengan sentuhan jus lemon juga efektif.

Rasa sakit gondong berkurang oleh sirup dan obat kumur yang terbuat dari teh thyme, rosemary atau sage. Minyak antivirus yang terbuat dari Melissa dan bergamot telah terbukti efektif melawan virus gondong dan cacar air. Untuk mengatasi rasa sakit pada balita dan anak kecil, berikan teh chamomile dan gosok gusi dengan sedikit minyak cengkeh di jari Anda.

Formula berikut dapat digunakan untuk pembengkakan amandel, gondong dan pembengkakan limfatik lainnya di daerah leher:

Leher Bungkus
2 gelas air hangat
8 tetes minyak esensial lavender

Campurkan air dengan minyak esensial. Sementara airnya masih hangat, rendam kain lembut, lebih disukai kain flanel, di dalam air dan peras. Bungkus kain di leher. Tutup dengan handuk untuk menahan panas. Hapus sebelum menjadi dingin. Ulangi sebanyak yang Anda inginkan.

Minyak atsiri bersifat universal, karena mereka dikenal bekerja di setiap kondisi, sepanjang tahun. Minyak atsiri terbukti sangat berguna pada saat kesusahan dan kebutuhan; beberapa tetes minyak esensial diperlukan untuk mengurangi gejala pada anak-anak.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*